Boeing 767
Boeing 767
The Boeing 767 adalah twinjet jarak menengah dan pesawat widebody sempit dalam pelayanan. Maskapai penerbangan lalat Boeing 767 pada penerbangan jarak menengah dengan 200 hingga 300 kursi di papan tulis.
Boeing meluncurkan 767 pada tahun 1978 setelah urutan tiga puluh-pesawat dari United Airlines dan mengembangkan pesawat jet baru selama periode yang sama dengan 757 narrowbody. Kedua jenis pesawat memiliki banyak fitur desain yang sama, seperti flightdeck digital dua awak pilot memungkinkan jenis common-rating, dan sistem banyak.
The Boeing 767 pertama kali terbang pada tanggal 26 September 1981 dan pesawat produksi pertama telah dikirim ke United Airlines pada bulan Agustus 1982. United memulai layanan komersial dengan tipe pada tanggal 8 September 1982 tentang perusahaan Chicago untuk layanan Denver.
Ini 767 merupakan pesaing utama dari Airbus A310. Perbedaan utama antara dua pesawat adalah diameter badan pesawat. 767 tempat duduk ini memungkinkan tujuh mengikuti di kelas ekonomi (2-3-2) dibandingkan dengan interior delapan-mengikuti dari A310. Tinggi kargo adalah sama untuk kedua pesawat, tetapi karena diameter kecil 767-pesawat tidak cukup lebar untuk menampung kontainer LD3 berpasangan dalam dua baris. LD3-kontainer yang dipertukarkan dengan A300, DC-10, TriStar dan 747. Untuk Boeing 767 dirancang LD67 wadah non-standar, yang memiliki ketinggian yang sama dan lebar LD3 tetapi yang lebih pendek dan menawarkan volume kurang.
Boeing meluncurkan 767 pada tahun 1978 setelah urutan tiga puluh-pesawat dari United Airlines dan mengembangkan pesawat jet baru selama periode yang sama dengan 757 narrowbody. Kedua jenis pesawat memiliki banyak fitur desain yang sama, seperti flightdeck digital dua awak pilot memungkinkan jenis common-rating, dan sistem banyak.
The Boeing 767 pertama kali terbang pada tanggal 26 September 1981 dan pesawat produksi pertama telah dikirim ke United Airlines pada bulan Agustus 1982. United memulai layanan komersial dengan tipe pada tanggal 8 September 1982 tentang perusahaan Chicago untuk layanan Denver.
Ini 767 merupakan pesaing utama dari Airbus A310. Perbedaan utama antara dua pesawat adalah diameter badan pesawat. 767 tempat duduk ini memungkinkan tujuh mengikuti di kelas ekonomi (2-3-2) dibandingkan dengan interior delapan-mengikuti dari A310. Tinggi kargo adalah sama untuk kedua pesawat, tetapi karena diameter kecil 767-pesawat tidak cukup lebar untuk menampung kontainer LD3 berpasangan dalam dua baris. LD3-kontainer yang dipertukarkan dengan A300, DC-10, TriStar dan 747. Untuk Boeing 767 dirancang LD67 wadah non-standar, yang memiliki ketinggian yang sama dan lebar LD3 tetapi yang lebih pendek dan menawarkan volume kurang.
Besar sayap
Perbedaan kedua antara A310 dan 767 adalah sayap. Sayap A310 adalah sekecil mungkin dan dipasang alat angkat tinggi-banyak. The 767 memiliki sayap jauh lebih besar, bahkan lebih besar dari A300 telah, dengan perangkat tinggi angkat sederhana. Boeing mengadopsi sayap besar karena pada saat peluncuran pesawat itu versi tiga bermesin yang lebih berat dalam pikiran (kemudian ditunjuk 777). The A310-sayap yang dioptimalkan untuk sektor jarak pendek di Eropa dan Boeing disesuaikan desain ke pasar domestik AS dimana biasanya terbang maskapai penerbangan jarak jauh. Sayap besar itu juga bertujuan untuk membuat pengembangan versi lebih berat dan membentang lebih mudah.
rentang versi Extended (ER) dari 767 telah menjadi sangat populer pada layanan jarak jauh dengan pasar penumpang pesawat terbatas yang seperti 747 dan DC-10 yang terlalu besar. Pada tahun 1994 menjadi 767 pesawat yang paling banyak digunakan di Atlantik dengan penyeberangan transatlantik lebih dari jenis pesawat lainnya.
Boeing menawarkan 767 dalam tiga versi utama:
rentang versi Extended (ER) dari 767 telah menjadi sangat populer pada layanan jarak jauh dengan pasar penumpang pesawat terbatas yang seperti 747 dan DC-10 yang terlalu besar. Pada tahun 1994 menjadi 767 pesawat yang paling banyak digunakan di Atlantik dengan penyeberangan transatlantik lebih dari jenis pesawat lainnya.
Boeing menawarkan 767 dalam tiga versi utama:
Boeing 767-200
Boeing 767-200 adalah versi pertama dan standar. Boeing dipertimbangkan untuk membangun sebuah 767-100 lebih pendek, tapi memutuskan bahwa ini akan datang terlalu dekat dalam kapasitas dibandingkan dengan 757. The 767-200 200-255 kursi penumpang, tapi maksimal 275 kursi adalah mungkin untuk maskapai sewaan ketika keluar sejajar dengan sayap pesawat tambahan yang diinstal.subversi A adalah 767-200ER (Extended Range), yang pertama kali dikirim ke El Al Maret 1984. Boeing menghentikan produksi pesawat 767-200/-200ER pada tahun 1994 tapi restart bangunan 767-200ER pada tahun 1998 setelah order dari Continental Airlines untuk pesawat sepuluh. Sebanyak 249 pesawat 767-200 dan 767-200ER telah dibangun.
Boeing 767-300
Boeing 767-300 mulai mengembangkan membentang pada bulan Februari 1982. Versi ini adalah 6,40 meter (21 ft 1 in) lebih lama dari 767-200. Terlepas dari busi pesawat ke depan dan di belakang sayap, Boeing awalnya tidak banyak berubah dibandingkan dengan 767-200.Penerbangan pertama pada tanggal 30 Januari 1986 dan Boeing mengirimkan pesawat membentang pertama Japan Airlines pada tanggal 25 September 1986. Versi extended range (767-300ER) terbang untuk pertama kalinya pada tanggal 19 Desember 1986.Boeing meluncurkan versi kargo 767-300F pada tahun 1993 dan mengirimkan pesawat pertama untuk United Parcel Service pada bulan Oktober 1995.
Boeing 767-400er
The 767-400er adalah versi yang membentang lebih jauh. Ini adalah 6,43 m (21 ft 1 in) lebih lama dari 767-300. Pesawat ini juga memiliki bobot yang lebih tinggi, sebuah sayap dengan rentang meningkat ekstensi yang sangat-menyapu dan landing gear baru 46 cm lebih tinggi. Flightdeck dan interior kabin sebagian besar dalam 777-gaya.Penerbangan pertama pada tanggal 9 Oktober 1999 dan operator pertama pesawat 300 kursi adalah Delta Air Lines. Namun, hanya dua maskapai (Delta dan Continental) memerintahkan -400 dan bersama-sama mereka terbang dengan total hanya 37 pesawat. Sebuah versi dengan jangkauan yang lebih banyak, 767-400ERX diperintahkan oleh Kenya Airways, tetapi perusahaan penerbangan beralih ke 777-ERX dan tidak dibangun.
Militer versi
Boeing menawarkan 767 sebagai tanker udara militer dan pesawat transportasi, yang telah dipesan oleh Italia dan Jepang sebagai KC-767. Untuk Jepang Boeing juga mengembangkan AWACS-versi (Airborne Peringatan dan Control System) dengan disk radar besar di atas pesawat. Untuk Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) menawarkan Boeing KC-767 sebagai pengembangan elemen termasuk 767-200ER dari 767-300 dan 767-400. The USAF memilih KC Airbus-30, bagaimanapun, yang didasarkan pada A330-200.
Lebih dari 1000 pesawat yang dijual
Boeing telah menjual lebih dari seribu 767s. Pada tahun-tahun pertama setelah tahun 2000 penjualan kering dan akhir produksi pesawat tampak dekat. Pada tahun 2007 ada kebangkitan tiba-tiba penjualan, termasuk order besar dari UPS untuk 27 kargo 767-300F.Boeing berharap untuk mempertahankan produksi terbuka selama bertahun-tahun jika itu akan memenangkan order USAF tanker besar.Karena USAF telah memilih-KC 30 harapan ini telah memudar, namun.Penerus 767 di katalog produk Boeing adalah 787 Dreamliner.
Spesifikasi Teknis
Boeing 767-200
767-200ER
| - | - |
Panjang
|
159 ft 2 di
|
48,51 m
|
Lebar sayap
|
156 ft 1 di
|
47,57 m
|
Tinggi
|
52 ft 0 di
|
15,85 m
|
Berat kosong
|
£ 181.610
|
82.380 kg
|
Max. berat lepas landas
|
£ 395,000
|
179.170 kg
|
Penumpang
|
181-274
| |
Kecepatan operasi
|
530 mph
|
854 km / h
|
Jarak
|
6.590 nm
|
12.200 km
|
Mesin:
Pratt & Whitney PW4000 - £ 63300 / 282 kN General Electric CF6-80C2B7F - £ 62100 / 276 kN |
Boeing 767-300
767-300ER
| - | - |
Panjang
|
180 ft 3 di
|
54,94 m
|
Lebar sayap
|
156 ft 1 di
|
47,57 m
|
Tinggi
|
52 ft 0 di
|
15,85 m
|
Berat kosong
|
£ 198.440
|
90.010 kg
|
Max. berat lepas landas
|
£ 412,000
|
186.880 kg
|
Penumpang
|
218-328
| |
Kecepatan operasi
|
530 mph
|
851 km / h
|
Jarak
|
6.975 nm
|
11.065 km
|
Mesin:
Pratt & Whitney PW4000 - £ 63000 / 282 kN General Electric CF6-80C2B8F - £ 62100 / 276 kN Rolls-Royce RB211-524G / H - £ 59500 / 265 kN |
Boeing 767-400
767-400er
| - | - |
Panjang
|
201 kaki 4
|
61,37 m
|
Lebar sayap
|
170 kaki 4
|
51,92 m
|
Tinggi
|
55 kaki 4
|
16,79 m
|
Berat kosong
|
£ 220,000
|
103.870 kg
|
Max. berat lepas landas
|
£ 450,000
|
204.120 kg
|
Penumpang
|
245-375
| |
Kecepatan operasi
|
530 mph
|
851 km / h
|
Jarak
|
5.625 nm
|
10.415 km
|
Mesin:
Pratt & Whitney PW4062 - £ 63.140 / 280,9 kN General Electric CF6-80C2B8F - £ 63.500 / 282,5 kN |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar