Senin, 30 November 2015

SEJARAH PESAWAT BOEING 737

Kini saya telah hadir dengan sejarah pesawat Boeing 737!

FF 9 April 1967
30 unit telah dibuat, saat ini masih ada yang aktif terbang.
B737-100 memiliki panjang 94ft (28.65m), dapat membawa 115 penumpang dan memiliki MTOW hanya 42.411 Kg, kurang dari setengah dari seri -900 saat ini. Pilihan mesin adalah Pratt & Whitney JT8D-1 dengan daya dorong 14.000 lbs, tapi seiring dengan berjalannya waktu, pesanan Lufthansa telah menggunakan mesin JT8D-7. JT8D-7 itu dinilai memiliki suhu kerja yang lebih rendah dengan daya dorong yang sama dengan JT8D-1 dan menjadi mesin standar untuk -100.
Hanya 30 unit seri 100 itu dibuat, dengan 22 untuk Lufthansa, 5 untuk Malaysia Airlines dan 2 untuk Avianca. Yang terakhir airworthy 737-100, L / N 3 yang pertama terbang 12 Juni 1967 akhirnya pensiun dari Aero Continente di Peru sebagai OB-1745 di tahun 2005.
Penampakan boeing 737 – 100

737-200 (Basic)

FF 8 Agustus 1967
1114 Dibuat, 553 Masih aktif dalam pelayanan (Semua – versi 200)
Boeing 737-200 merupakan jawaban dari Boeing setelah menyadari bahwa maskapai penerbangan menginginkan B737 yang mampu membawa beban penumpang sedikit lebih tinggi. Ada dua bagian yang ditambahkan ke dalam pesawat, sebuah bagian sepanjang 36in di depan sayap dan di bagian belakang sayap sepanjang 40in, memberikan kapasitas maksimum 130 penumpang dengan kursi pitch 28in. Semua dimensi lain tetap sama. Mesin menggunakan JT8D dengan daya dorong meningkat menjadi 14.500 Lbs dengan JT9D. Enam minggu kemudian pada 5 April 1965 seri -200 diluncurkan dengan pesanan dari 40 unit United Air Lines. Pengembangan dan produksi dua seri berjalan secara bersamaan.
Penerbangan pengujian telah menunjukkan peningkatan 5% drag lebih besar dari angka yang diperkirakan, ini disamakan dengan pengurangan 30kt di TAS. Setelah hampir satu tahun pengujian di terowongan angin dan penerbangan pengujian, beberapa modifikasi aerodinamika dibuat. Flaps dan thrust reversers ditingkatkan mulai dari pesawat nomor 135 (Maret 1969) dan mod kit gratis yang dibuat tersedia untuk pesawat yang ada. Para thrust reversers benar-benar didesain ulang oleh Boeing dan Rohr sejak pesawat itu mewarisi internal reversers dengan penggerak pneumatis seperti di 727 yang tidak efektif dan tampaknya cenderung mengangkat pesawat dari landasansaat diaktifkankan! Desain ulang untuk external hydraulically powered reversers Boeing menghabiskan biaya $ 24.000.000 namun secara dramatis meningkatkan kinerja pada lapangan pendek. Diharapkan dapat meningkatkan penjualan dengan mengusulkan kepada operator untuk menggunakan pesawat tersebut sebagai sebuah jet regional dari landasan pacu pendek. tindakan pengurangan drag termasuk memperluas nacelles mesin 1.14m (3ft 9in) dan memperluas fairings strut. Enhanced flap, slat dan panel segel juga dilakukan.
Seri asli 200 dengan pylons mesin yang sempit dan leading edge flaps kapal yang lebih kecil .
Seri 200 setelah penyempurnaan pylons mesin yang lebih luas dan flaps dlm kapal terdepan diperpanjang hingga ke badan pesawat.
MTOW 49.440 kg dan 44.450 kg MLW menjadi hambatan sehingga Boeing membuat perubahan struktural untuk meningkatkan bobot tersebut dan disebut 737-200 Advanced.

737-200 Advanced

FF 15 Apr 1971 (Jalur nomor 400 dan seterusnya)
Merupakan penyempurnaan dari semua seri -200 yang dimodifikasi, 737-200 Adv termasuk perbaikan sayap utama seperti leading edge flap sequencing baru, peningkatan curam outboard slats, perpanjangan inboard Krueger Flap, untuk menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam daya angkat dan pengurangan kecepatan take-off & pendaratan untuk kinerja lebih baik pada lapangan yang pendek atau meningkatkan MTOW menjadi 2268Kg. Autobrake, meningkatkan anti-selip, speedbrake otomatis untuk RTO, performance reserve otomatis dan tersedia rem pada roda depan. Sekali lagi, kit yang tersedia untuk operator yang ada dari -200. Dengan JT8D-15 di 15.500 Lbs MTOW itu sekarang sampai dengan 52.390 kg dan MLW 48.534 Kgs. Perbaikan ini meningkatkan kinerja setinggi 20.000 ft untuk 37.000 ft dan tekanan kabin maksimum diferensial meningkat dari 7,5 ke 7.8psid.
Pada tahun 1973 ketika kebisingan menjadi faktor yang dibatasi, Boeing dan P & W merubah one fan stage menjadi two compressor stages di-JT8D 17 sambil meningkatkan daya dorong untuk 16.000 lbs. The JT8D untuk 17.400 Lbs dorong di-17R.
Selama bertahun-tahun hanya United Airlines (operator dari AS) yang memesan dengan jumlah besar dari 737 karena meski pesawat ini dirancang untuk menjadi diterbangkan oleh 2 awak, US flight-crew union (serikat crew penerbangan-AS) mewajibkan bahwa pesawat di kelas tersebut harus diterbangkan oleh tiga awak. United dipaksa memodifikasi 737 mereka dengan tiga awak sampai 1981. Air France juga telah berusaha untuk memesan pesawat selama beberapa tahun tetapi tidak mau karena tentangan staf sampai setelah 1981.
Kebanyakan pilot yang telah menerbangkan berbagai generasi 737 mengatakan bahwa generasi ini adalah yang paling mudah dan terbaik untuk dikendalikan.

737-200 Convertible (C), Quick Change (QC) & Combi

FF 18 September 1968
96 Dibuat

Versi konversi penumpang / cargo memiliki pintu kargo samping (SCD) 3.4mx 2.18m (138in x 86in) pada sisi depan untuk memuat pallet. Mereka juga memiliki lantai yang diperkuat dan trek kursi tambahan. Sebagai sebuah kapal barang itu bisa menampung tujuh LD7 (88in x 125in) palet di dek utama ditambah loose cargo dalam dua pegangan. Waktu konversi sekitar 3 jam tapi ini kemudian dikurangi menjadi sekitar 1jam dengan QC yang 12 kursi penumpang yang sudah dipasang masing-masing palet. Ini realistis memungkinkan pesawat yang dapat digunakan untuk kedua peran memungkinkan untuk mendapatkan uang pada siang hari dengan membawa penumpang dan pengiriman cargo di malam hari. Beberapa maskapai bahkan o mengoperasikan mereka sebagai Combi dengan palet cargdi bagian depan dan penumpang di belakang.

MP Surveiller

FF 21 Apr 1982
3 Dibuat khusus untuk TNI AU

Pesawat Patroli Maritim untuk Angkatan Udara Indonesia. Dilengkapi dengan Motorola AN/APS-135 (V) Side Looking Airborne Modular Multi-Mission Radar (SLAMMR) Antena yang dipasang dalam dua 16ft rumah di atas belakang badan pesawat. Sistem ini bisa melihat kapal kecil di kisaran 100nm
737 Originals Key Dates:
11 Mei 1964: desain formal dimulai.
9 Nov 1964: 737 Program dimulai
19 Feb 1965: order pertama dari Lufthansa.
5 Apr 1965: order pertama untuk 737-200 dari United.
9 Apr 1967: penerbangan Pertama 737-100.
8 Agustus 1967: Penerbangan pertama 737-200, 737 ke 5 yang terbang.
15 Desember 1967: Sertifikasi FAA untuk jenis 737-100 dan -200.
10 Feb 1968: pendapatan penerbangan Pertama 737-100 dengan Lufthansa.
29 Apr 1968: pendapatan penerbangan Pertama 737-200 dengan United.
18 Sep 1968: penerbangan Pertama 737-200QC
20 Feb 1969: sertifikasi landasan pacu gravel.
4 Mar 1969: 737-200 Pertama disampaikan dengan flaps & modifikasi thrust reverser.
15 Apr 1971: penerbangan Pertama 737-200Adv.
3 Mei 1971: sertifikasi FAA Jenis 737-200Adv.
Oktober 1973: modifikasi nacelle Tenang masuk ke layanan dengan Quebecair.
2 Agustus 1988: pengiriman terakhir dari 737-200Adv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar